SMS Survei - Village with health worker absenteeism

0 comments
Akhirnya kesempatan itu datang juga, setelah selama ini hanya bisa membaca dan mendengar cerita tentang sms sebagai alternatif cara mengumpulkan data yang efisien, maka kali ini diberi kesempatan untuk mencoba dan belajar secara langsung. Indahnya lagi, dibayar pula buat melakoninya...

Berawal dari:
  • Tidak tersedianya data terkini tentang tingkat kemangkiran tenaga kesehatan pemerintah di desa, sementara temuan kunjungan lapangan kebeberapa kabupaten sangat bervariasi hasilnya.
  • Diskusi informal dengan fasilitator program pemberdayaan masyarakat di kabupaten yang dikunjungi memberikan indikasi yang sangat kuat bahwa sebagian besar dari mereka mengetahui desa-desa yang sering ditinggal bolos tenaga kesehatannya.
  • Terbatasnya anggaran dan waktu untuk melakukan pengumpulan data secara konvensional. Belum lagi kerumitan ijin pelaksanaan yang akan melibatkan beberapa lembaga pemerintah.
  • Organisasi yang punya kemampuan dan dimintakan tolong untuk melakukan sms survei seperti tidak sepenuh hati membantu. Maklumlah mungkin karena tidak ada dana yang bisa kami berikan.


Akhirnya diputuskan untuk mengelola secara mandiri pelaksanaan sms survei dalam rangka menanyakan persepsi fasilitator program pemberdayaan masyarakat yang tersebar hampir disemua kecamatan di Indonesia tentang berapa banyak desa yang mereka dampingi dan sering ditinggal bolos oleh tenaga kesehatan yang bertugas disana.

Berbekal rasa senang, kemauan untuk sedikit repot, pertemanan dan keberanian untuk bertanya pada semua orang termasuk penjual pulsa elektrik depan pintu stasiun cilebut, maka sms survei terhadap lebih dari 8 ribu fasilitator di hampir 5 ribu kecamatanpun dapat terselesaikan dengan baik. Waktu 2.5 bulanpun tak terasa terlewati untuk mengirimkan lebih dari 120 ribu sms pertanyaan dan 43 juta rupiah pulsa pengganti kepada responden sehingga menghabiskan biaya sekitar 85 juta rupiah secara keseluruhan.


Sungguh sebuah pengalaman yang tak ternilai dan mudah-mudahan hasilnya bisa memberikan manfaat...
Link file presentasi http://1drv.ms/1e6o7BY 

Leave a Reply